TUGAS DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN M YOGA PERDANA (1205985)

DASAR KOMPUTER DAN PEMOGRAMAN

MENGENAL KOMPONEN YANG ADA PADA CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)


Komponen pada Central Processing Unit (CPU) terdiri dari beberapa bagian komponen. Pengertian dari Central Processing Unit sendiri adalah tempat sentral untuk proses suatu data dalam sebuah komputer yang berisikan komponen-komponen mulai dari otak komputernya yaitu prosessor hingga media penyimpanannya.

 




Berikut uraian dari masing-masing komponen tersebut.



1. Motherboard atau yang sering disebut juga dengan mainboard adalah papan circuit utama didalam sebuah CPU. Papan ini digunakan untuk menghubungkan antara perangkat keras / hardware / komponen dengan perangkat keras lainnya. Di moteherboard tersebut terdapat slot-slot serta fasilitas buat processor. Slot serta fasilitas lainnya itu sangat penting kita ketahui ketika hendak merakit komputer, karena kita harus mengetahui jenis processor yang digunakan apakah memakai slot; soket; atau Lga yang merupakan jenis terbaru. Kemudian kita juga perlu tahu tipenya juga apakah pengabelannya dengan SATA / IDE, jumlah port yg onboard, fasilitas PCI-nya, slot memorinya bagaimana, dan lain lain.


 
2. Prosessor adalah Komponen CPU yang memiliki fungsi sebagai alat pemikir serta logika ketika terdapat perintah dari komputer. Dengan bentuknya berupa chip kecil, alat ini memiliki berbagai jenis kecepatan yang berbeda-beda. Processor yang memiliki kecepatan tinggi akan memiliki kecepatan yang tinggi pula dalam hal pemprosesan sebuah data. 

3. RAM / Random-Acess-Memory dipakai buat menyimpan sebuah data serta program-program secara sementara / temporer. Tipikal dari ukuran memori RAM ini adalah 32 atau 64 Megabyet. Namun ukuran total memori ini seringkali dapat diperbesar dengan menambahkan IC-IC ekstra. Hal ini mungkin diperlukan apabila kita bekerja dengan file-file super besar, seperti ketika mengolah foto-foto agar lebih detil dan tajam.







4. Hard-Disk adalah Komponen CPU yang digunakan untuk menyimpan program dan data secara cepat. HD merupakan unit penyimpanan data utama pada sistem komputer. Semua program yang sedang dijalankan disimpan didalamnya, beserta dengan file-file yang digunakan atau dihasilkan oleh program yang bersangkutan. Ketika komputer sedang bekerja, program-program dan blok-blok data secara terus-menerus dipindahkan dari hard-disk ke RAM, dan sebaliknya.
 


5. Optical-Drive adalah Komponen CPU yang dipakai untuk memutar piringan DVD / CD / Blueray / piringan lainnya sesuai kemajuan teknologinya. Optical Drive terdapat dalam berbagai jenis dan type dipasaran, ada CD-Room; CD R/W; DVD Room, DVD Combo, DVD R/W, dll.




6.  Power-Supply adalah komponen CPU yang digunakan untuk mengalirkan listrik dari sumbernya ke komputer. Alat ini akan mengubah dulu aliran listrik yang berjenis AC menjadi DC sebelum diteruskan ke motherboard komputer.










7. Video card  adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya. Mengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer yang mengharuskan merogoh kantong yang agak dalam, beruntung sekarang bagi pengguna komputer kantor video grafis sudah terintegrasi dalam motherboard sehingga lebih menghemat pengeluaran.



   8. Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.


                                                 
9. Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan MicroATX).











  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

efeakady mengatakan...

What Does NFT Mean in casino? - DRM CD
NFT refers to 용인 출장샵 a group of people who have used or traded real money 통영 출장안마 or used the Internet for 과천 출장안마 a range of different games 안동 출장샵 in different 당진 출장샵 gaming

Posting Komentar